SANSAPORE PACIFIC PARK RESORT

SANSAPORE PACIFIC PARK RESORT
  • Bagikan

Word: Ayu Arman

HOME OF NATURE, ADVENTURE, HISTORY, AND RELAXATION.

Ada begitu banyak kesempatan untuk berpetualang di dunia ini. Dan, kami ingin menginspirasi Anda, membantu Anda menjelajah alam perawan rumah kami,  di Sansapor Pacific Park Resort. 

Resort ekowisata terbaik Tambrauw-Papua Barat Daya, Indonesia.. Sebuah daerah konservasi dengan visualisasi pegunungan, perbukitan, hutan perawan terluas di Papua Barat, lembah, ratusan sungai berkelok, garis pantai laut pacific,  dan  sejarah perang dunia kedua.

DI MANA LETAKNYA?

Terletak di  jalan Warfaknik, kampung  Emaos, Sausapor, Tambrauw Papua Barat.   Resort ini  dibangun di tepi laut Sausapor menghadap langsung ke laut Samudra Pasifik, dilayari  pemandangan gunung  Yakob, dikelilingi oleh hutan perawan dengan keanekaragaman hayati hutan tropis, dan kearifan budaya masyarakat adat yang menempatkan hutan, sungai, gunung, dan laut sama seperti leluhur mereka yang harus dihormati, dijaga, dan dilestarikan. Karena itu, resort ini menjadi salah satu tempat terbaik Anda untuk terhubung kembali dengan alam perawan.

AKOMODASI 

Ada tiga jenis akomodasi resort ini. Pertama, kamar yang dibangun dari kayu keras tropis, kayu besi, dengan penggergajian portable sendiri. Akomodasi resort ini telah dirancang dengan cermat untuk kenyamanan, privasi, dan keberlanjutan. Semua kamar kami luas, berventilasi baik, dan tersebar luas di bawah pepohonan kelapa  sekitar tanah seluas delapan hektar. 

Kedua, kamar VVIP yang dibangun dengan tembok dengan konsep terbuka menghadap laut luas. Anda akan merasakan menyatu dengan alam tanpa meninggalkan fasilitas modern.

Semua kamar memiliki kamar mandi bersih, unit AC independen, shower air panas dan dingin yang segar, dengan suguhan makanan fresh dari laut, sayuran. dan buah-buahan lokal masyarakat Tambrauw.

Ketiga, tenda camping. Resort ini juga menyediakan tempat dan alat perlengkapan bagi para pecinta camping nyaman bersama. Anda tidak perlu repot  membangun tenda, menyiapkan sleeping bag, semua ya sudah terse dia.  Anda akan merasakan densai suasana alam terbuka di sekitar anda yang mungkin sudah terasa langka di tengah hiruk pikuk ibukota. Anda bisa. menikmati sunrise udara segar pantai dengan panorama laut lepas, ombak bergoyang dan mentari bersinar.

SUMBER PANGAN LOKAL

Restoran yang masih dalam proses dibangun.

Semua bahan makanan di resort ini berasal dari hasil produksi masyarakat Tambrauw. Resort ini bekerja dengan masyarakat lokal Tambrauw dalam penyediaan bahan makanan. 

Sausapor adalah pusat pengembangan industri perikanan Tambrauw. Masyarakat Sausapor menangkap ikan dengan ramah lingkungan dengan menggunakan alat tangkap jenis bubu, handline, gillnet, dan puresine. Anda bisa melihat langsung kegiatan penangkapan ikan mereka, atau memancing sendiri, dan merasakan betapa segar dan manisnya ikan Sausapor yang disediakan di resort ini.

Sementara tanaman pangan yang telah dibudidayakan masyarakat Tambrauw adalah kacang tanah, jagung, ubi kayu, ubi jalar, keladi johar, sagu, dan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan musiman seperti pisang, langsat, rambutan, mangga, durian, matau, kelapa, dan lainnya. Semua sayuran dan buah-buahan itu Anda bisa dapatkan di pekarangan resort ini. Anda bisa memetik buah dan kelapa kapan saja. Dan semua makanan fresh itu disajikan di restoran resort ini.

CIPTAKAN PENGALAMAN PETUALANGAN ANDA DENGAN MENGINAP DI RESORT INI

Sansapor Pacific Park dibangun dengan konsep menampilkan  miniatur keindahan alam  dan keaneragaman hayati Tambrauw. Sansapore Pacific Park memberi petualangan alam yang menginspirasi, otentik, dan tak terlupakan dalam perjalanan hidup Anda. 

MENGHIRUP OKSIGEN TERBAIK DI INDONESIA.

Datang dan  rasakan suasana atmosfer alam murni di resort ekowisata Sansapor Pacific Park ini. Anda akan merasakan udara segar yang menyegarkan paru-paru. Anda.

Papua adalah benteng terakhir sabuk tropis Indonesia. Dan, hutan Tambrauw merupakan satu-satunya hutan yang masih perawan di Papua. 75  persen daratan dari total luas wilayah Tambrauw (11.529,182 km2), ditetapkan sebagai kawasan hutan konservasi dan hutan lindung yang memiliki keanekaragaman sumber daya hayati yang luar biasa. Karena itu, lebih kurang 80 persen oksigen murni Papua Barat disuplai dari hutan Tambrauw. Dan Tambrauw saat ini menjadi kunci penyangga ketersediaan oksigen dan unsur-unsur hayati Indonesia. 

Di resort ini, Anda  bisa merasakan oksigen murni itu. Karena letak resort ini tidak jauh dari hutan konservasi dan laut pacific. Berbagai pepohonan besar, aneka pohon buah, ratusan pohon kelapa, tanaman sayuran, dan taman bunga dengan hamparan rumput hijau membentang menjadi interior resort yang menyejukan..

Langit bersih dengan konfigurasi awan bergelayutan dalam diam. Diramaikan oleh sekumpulan burung laut terbang bergerombol menghiasi langit biru. Di sudut lain, terlihat kupu-kupu beterbangan dan  hinggap di setiap bunga-bunga taman, dan  juga rusa  berkejaran di di balik hijau pepohonan.

Setiap pagi hari,  Anda akan dibangunkan oleh riuh suara burung berpadu dengan deru ombak laut Samudra Pacific. Pantai Sansapor Pacific Park ini menyuguhkan pemandangan laut lepas Samudra Pasifik  dengan air laut yang biru  jernih dengan  deburan ombak putih bersih.

MELIHAT ESTETIKA SUNSET YANG PENUH WARNA.

Hal yang paling menakjubkan pada pantai  resort ini adalah sunsetnya. Ketika matahari mulai turun di ufuk barat, langit  pantai menyuguhkan keindahan warna- warni langit yang  membuat kita tertegun dan memuji kebesaran Tuhan. 

Sunset adalah salah satu aspek keagungan, keajaiban, dan keindahan Tuhan.

Di pantai resort ini, Anda akan melihat setiap hari keagungan dan keindahan warna langit itu.  Jingga, kuning, kuning keemasan,  merah, bahkan ungu.  Anda tidak akan pernah bosan menyaksikan matahari terbenam di sini. Karena, pantai resort  ini adalah tempat terbaik untuk melihat keindahan sunset Sansapor. 

MEMANCING IKAN LAUT PACIFIC

Perikanan laut Sausapor sangat  melimpah. Didominasi ikan tuna sirip kuning dan sirip biru, ikan layang, tenggiri, kakap merah, bobara, kerapu, kurisi, cakalang, lobster, teripang, dan lainnya. 

Anda bisa  dengan mudah mendapatkan ikan-ikan itu dengan hanya memancing di pantai ini. Bahkan, jika Anda beruntung, Anda bisa melihat ikan lumba-lumba melintasi perairan laut di depan resort ini.

DIVING DAN SNORKLING

Foto: Scotty Graham

Keanekaragaman terumbu karangnya juga  sangat indah. Di pulau ‘Amsterdam’ di sisi Selatan,  dan pulau ‘Middleburg’ di sepanjang Timur Laut dan Barat Laut, tak jauh dari resort ini, terdapat tempat penyelaman yang indah. Aneka terumbu karang dan ribuan ragam ikan bisa Anda temukan sehingga dua area ini menjadi salah satu kawasan terbaik untuk diving dangkal dan dalam.

Foto: Scotty Graham

Selain indah oleh aneka terumbu karang dan beragam ikan, bawah lautnya menyimpan sisa-sisa kapal pendarat Sekutu (buatan AS) selama Perang Dunia II yang dahulu sengaja ditenggelamkan di bentangan laut Sausapor ini.

Foto: Scotty Graham
Foto: Scotty Graham

PETUALANGAN  ALAM TERBAIK DI SANSAPORE

Jika Anda menginap di resort ini, Anda bisa menjelajahi alam  perawan Tambrauw yang menyuguhkan hutan, gunung dan laut yang berpadu menciptakan  satu pemandangan  alam yang indah. Kami jamin  Anda akan mendapatkan pengalaman yang otentik, yang menghubungan batin Anda dengan keagungan alam. 

Perjalanan darat alam Sausapor -Tambrauw ini adalah perjalanan memasuki labirin alam murni. Anda akan melihat dan merasakan hutan raya yang nyaris 100 persen tutupan pohon hutan lindung dan hutan konservasi. 

Di dalamnya terdapat cagar alam Pegunungan yang menyimpan keaneragaman hayati. Juga perbukitan padang rumput, pesisir pantai dan perairan sungai melimpah. Lebih kurang terdapat 819 sungai dan anak sungai yang mengaliri daerah Tambrauw ini.  Salah satunya, sungai Kamundan menjadi kepala air atau sungai terpanjang di Papua Barat. 

Bentangan alam Tambrauw yang meliputi pantai, hutan dataran rendah, hingga hutan pegunungan tinggi yang menjadi rumah besar bagi fauna khas zona Austropapuan dan flora Melanesia bagian timur itu l menjadikan Tambrauw sebagai satu-satu kabupaten Konservasi di Indonesia saat ini, dan itu menjadi tujuan wisata bagi Anda, para petualang alam sejati.

Kami akan memandu  Anda untuk menjelajahi  hutan, melihat beberapa hewan liar seperti aneka burung,  rusa,  babi, kelinci secara kebetulan, mendaki bukit dan gunung,  arum jeram,  motor treal,  berperahu dan memancing sembari menikmati udara segar, kicauan burung, dan tiupan angin yang menghidupkan kembali jiwa Anda.

AIRFIELD HERITAGE 

Foto: Judika Andaria

Tambrauw memiliki peran penting dalam Perang Pasifik sebagai pangkalan pesawat tempur jenis dog-fighter. Bandara Werur merupakan salah satu lapangan udara peninggalan sejarah perang pasific masih berfungsi hingga saat ini.

Foto: Judika Andaria

Dan hutan Sausapor menjadi saksi bisu pertempuran perang dunia kedua dengan pasukan Jepang (1939 — 1945).  Tentara Sekutu yang dipimpin Jenderal Douglas MacArthur menjadikan Sausapor sebagai pangkalan militer.  Mereka mendaratkan pesawat dan ratusan tank berjenis artileri dan amfibi di Pulau Sausapor. Sebagian tank-tank amfibi itu masih berada di hutan sekitar Kampung Werbes. Ada tujuh tank berjejer yang letaknya tidak jauh dari resort. 

Foto: Judika Andaria

Peninggalan perang dunia II itu  masih banyak tersebar di kawasan hutan dan laut Sausapor. Dan, Anda bisa melihat peninggalan sisa-sisa perang dunia yang dahulu memiliki peran penting dunia ini secara langsung di pulau ini. Lokasi ini hanya ditempuh 30 menit dari resort dengan kendaraan mobil. 

BIRDWATCHING

Foto: Judika Andaria

Tambrauw adalah tempat terbaik untuk pengamatan burung cendrawasih di Indonesia.  Karena hutan Tambrauw menjadi habitat bermain dan lintasan 761 jenis burung.  

Lebih kurang 60 jenis endemik Papua Barat, 243 burung lokal, 32 burung migrasi, dan 33 jenis burung pengembara. Dari ratusan burung itu, cendrawasih menjadi salah satu burung primadona. 

Jalur dan parkir mobil tempat pemantau burung Cendrawasih di hutan Sausapor yang masih dalam proses dibangun.

Burung cendrawasih ini memiliki 43 jenis yang tersebar dari Australia bagian timur hingga Papua, termasuk juga Maluku bagian utara. Di hutan Tambrauw, ditemukan 38 jenis cendrawasih di mana sebagian besar dijumpai di dataran tinggi dan beberapa pulau..

Salah satunya berada di hutan Sausapor ini. Di hutan ini ada beberapa jenis burung cendrawasih yang bisa dijumpai. Antara lain, cendrawasih berbulu hitam beludru; cendrawasih berbulu hitam kuning; cendrawasih berbulu coklat, hijau, dan kuning yang berekor panjang; cendrawasih kerah yang memiliki mahkota warna hitam; cendrawasih berbulu merah, putih dan kuning; dan cendrawasih berbulu hitam, kuning, dan putih. Juga, ada cendrawasih botak yang memiliki kombinasi empat warna, yakni hitam, merah, kuning, dan biru pada bagian kepala, cendrawasih 12 antena, dan lainnya. 

Semua jenis cendrawasih ini memiliki ciri warna yang berbeda punya atraksi tarian. Perpaduan warna dan atraksi nan indah itulah menjadikan burung cendrawasih ini dikenal dunia sebagai bird of paradise.

Ada dua tempat pemantauan burung  cendrawasih yang bisa anda datangi di hutan Sausapor yang tidak jauh dari resort ini.  Perjalanan hanya ditempuh 30 menit dengan mobil. Sepanjang perjalanan itu Anda akan merasakan atmosfer hutan perawan yang memberikan kesegaran dan ketenangan tersendiri. 

Lokasi burung-burung ini berada di tengah hutan sehingga Anda akan menaiki tangga untuk memasuki ke dalam hutan dengan ketinggian antara 800-1000 di atas permukaan laut. 

Dari atas puncak tangga, Anda bisa melihat hutan tropis lebat. Suara hewan-hewan liar dan kicauan burung terdengar bersahutan.  Anda bisa melihat langsung atraksi burung-burung cantik itu pada pukul lima pagi hingga sepuluh siang dan sore  pukul tiga hingga enam sore.

Dan sepanjang perjalanan memasuki hutan Sausapor, Anda akan mendengar ragam suara dari berbagai jenis burung. Hutan Tambrauw adalah surga bagi para pecinta keindahan burung cendrawasih dan ragam burung lainnya.. 

LEATHERBACK SEA TURTLE

Foto : WWF-Indonesia / Mongabay Indonesia

Perairan lautnya sepanjang kawasan Abun juga ditetapkan kawasan konservasi karena memiliki keunikan biofisik serta keanekaragaman hayati yang tinggi. Salah satu keunikan itu adalah tempat peneluran penyu belimbing (Dermochelys coriacea) dengan tingkat populasi betina bertelur terbesar di dunia.

Di pesisir pantai Abun Sausapor  terdapat tempat peneluran utama penyu belimbing, spesies penyu terbesar dan tempat peneluran penyu terbesar dan dan berkontribusi bagi populasi penyu di Pasifik Barat. Bagi masyarakat suku Abun, penyu ini dikenal dengan istilah Womom (Omom) dan dianggap sebagai dewa laut yang harus dijaga kelestariannya. 

Foto : WWF-Indonesia / Mongabay Indonesia

Ada dua lokasi tempat peneluran penyu ini. Yaitu, Jamursba Medi (Jeen Yessa) dan Warmon (Jeen Syuab). Kedua pantai itu tercatat sebagai tempat peneluran penyu belimbing terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara. Habitat peneluran penyu ini terbentang sepanjang pesisir pantai mulai dari Kampung Werur di Distrik Sausapor hingga ke Kampung Waiben di Distrik Abun.

Pesisir pantai Abun Sausapor

Di dunia terdapat 7 jenis penyu dan 6 di antaranya terdapat di Indonesia, dan 4 jenis terdapat di pesisir Jeen Womom, Tambrauw. Jenis penyu di Jeen Womom adalah penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu hijau (Chelonia mydas). Penyu belimbing adalah penyu yang terbesar dengan ukuran panjang badan mencapai 2,75 meter dan bobot 600—900 kilogram. Sedangkan, yang terkecil adalah penyu lekang dengan bobot lebih kurang 50 kilogram.

Foto : WWF-Indonesia / Mongabay Indonesia

Penyu ini diindikasikan memiliki pola migrasi dengan wilayah jelajah ke arah utara dan selatan untuk mencapai daerah pakan. Mereka bermigrasi hingga ke bagian barat daya Kepulauan Kei Kecil (Laut Banda), Laut Sulu, Laut Cina Selatan, Australia Tenggara, dan Pantai Barat Amerika Serikat (Monterey, California). Setiap tahun terdapat sekitar seribu penyu belimbing yang mengunjungi Pantai Abun untuk bertelur. Dan, Anda bisa menyaksikan penyu belimbing itu pada bulan April-September.

CULTURE

Otentik, kuno, dan berkembang.  Budaya  suku-suku  masyarakat Tambrauw sangat penting dipelajari untuk  semangat dan masa depan konservasi bumi. Telusuri pendidikan adat wuon dari suku Miyah. Mereka memiliki pendidikan kuno yang diajarkan dari nenek moyang mereka secara turun-temurun tentang  ilmu mengenali tumbuhan, satwa, air, tanah, dan bebatuan yang semuanya memiliki manfaat bagi keberlangsungan kehidupan. 

Pendidikan adat wuon  adalah satu-satunya sekolah adat pada masyarakat pegunungan di wilayah Papua Barat. Pendidikan adat “wuon”  telah membentuk pandangan hidup masyarakat yang hidup di wilayah kepala burung dalam bentuk seperangkat pengetahuan, keterampilan, serta tata nilai dan etika yang mengatur hutan, sungai, gunung, dan laut. Dengan tradisi yang ditempa dari waktu ke waktu,  mereka merayakan masa lalu sambil bergerak menuju masa depan. 

Jelajahi dan ciptakan pengalaman hidup dengan masyarakat pendalaman ini. Anda akan mengetahui bagaimana – melacak dan mempelajari tanda-tanda alam liar, menari mengikuti musik tradisional, mengunjungi museum hidup, menyaksikan seni dan kerajinan tradisional dan mendengarkan cerita mereka secara langsung. Namun, ingat, jelajahi  alam dan budaya mereka dengan hati dan rasa hormat.

VOLUNTEER TOURISM

Volunteer tourism menjadi salah satu aktivitas kegiatan resort kami. Kami  menerima para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat lokal lewat bidang pendidikan, sosial, lingkungan dan ekonomi.

Meski akses transportasi telah terbuka, daerah Sausapor masih termasuk wilayah pedalaman Papua Barat. Karena itu, Volunteer tourism bisa menjadi salah satu kegiatan  pertukaran budaya dan transfer ilmu kepada masyarakat lokal dan anak-anak Sausapor agar mereka mendapat  kanwawasan dan pengalaman yang berbeda dari luar Papua.

Jadi, yuk, rencanakan perjalanan Anda. Dapatkan inspirasi dan mulailah merencanakan perjalanan Anda. Jelajahi berbagai wilayah dan tambahkan beragam aktivitas untuk membentuk satu perjalanan yang luar biasa… Taman Pasifik Sansapore siap memberi Anda momen yang menginspirasi, otentik, dan tak terlupakan.

HOW TO GET IT?

Ada dua pilihan tempat mendarat yang Anda bisa lakukan. Bandara udara Domine Eduard Osok Sorong dan Bandara udara Rendani yang ada di Manokwari Papua barat. 

Jika Anda mendarat di Sorong, Anda bisa melalui jalur darat atau jalur laut menuju resort ini.  Perjalanan ditempuh waktu sekitar 3 jam jika menempuh jalur darat dan dua jam dengan jalur laut dari pelabuhan Sorong. Jika Anda mendarat di bandar udara Rendani di Manokwari, Anda bisa lanjut menggunakan jalur udara dan darat. Dari Rendani Anda bisa menggunakan pesawat cessna mendarat di bandara Sausapor  atau menggunakan jalur darat dari Manokwari Sausapor. 

Call  and Register here:

 +6282271103270 +6281319678640

Sansapore Pacific Park

Jalan Warfaknik, Sausapor-Kabupaten Tambrauw Papua Barat.